Mengenal Arti Perubahan Sosial Budaya dan Bentuknya

 Budaya, Latest Post, Nasional

 

Anak muda jaman sekarang pasti kerap mendengar tentang perubahan sosial budaya. Kalimat tersebut mungkin saja sering disampaikan oleh orang tua mereka, melihat kondisi budaya atau lingkungan sekitar.

Seperti kita tahu bahwa manusia merupakan makhluk sosial, dan setiap kumpulan sosial pasti memiliki budaya masing – masing. Hanya saja zaman menuntut agar manusia harus berubah ke arah yang lebih baik.

Sehingga kebudayaan masyarakat dan kehidupan sosial tersebut juga ikut berubah. Tidak ada budaya yang sifatnya kekal, karena manusia sendiri lah yang membuatnya berubah.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya Menurut Para Ahli

Para ahli mengamati bahwa setiap masa atau di seluruh tempat, terjadi perubahan baik dalam bentuk sosial dan juga dalam budaya. Untuk itu beberapa ahli mencoba merumuskan pengertian tersebut.

Samuel Koening misalnya menguraikan bahwa perubahan pada sosial dan budaya tersebut merupakan sebuah modifikasi yang terjadi pada pola kehidupan sosial.

Perubahan tersebut bisa disebabkan oleh faktor internal bisa juga oleh faktor eksternal. Faktor internal maksudnya perubahan terjadi akibat manusia sendiri.

Sedangkan faktor eksternal disebabkan oleh hal di luar kemampuan manusia, contohnya seperti alam, atau hal lain.

Berbeda dengan Samuel Koening, Selo Soemardjan seorang Sosiolog Indonesia menjelaskan bahwa perubahan pada sosial budaya tersebut artinya perubahan pada lembaga kemasyarakatan.

Perubahan ini membuat sistem sosial masyarakat juga berubah. Soemardjan menjelaskan bahwa sistem sosial masyarakat yang dimaksud seperti norma, nilai – nilai, atau juga perilaku kelompok masyarakat.

Berdasarkan beberapa pengertian para ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi baik disengaja maupun tidak terhadap kehidupan bermasyarakat yang berpengaruh juga pada pola perilaku masyarakat tersebut.

 

Bentuk – Bentuk Perubahan Sosial

Untuk lebih memahami pengertian dari perubahan tersebut, maka dapat juga kita cermati tentang bentuk – bentuknya.
Secara umum terdapat 3 bentuk dari perubahan tersebut, yakni perubahan cepat dan lambat, perubahan berdampak besar dan kecil, serta perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan.

 

Perubahan Cepat dan Lambat

Perubahan cepat merupakan salah satu perubahan yang langsung berdampak pada kehidupan manusia dan mempengaruhi perilaku manusia tersebut.
Mau tidak mau manusia harus mengikutinya karena terjadinya sangat cepat. Salah satu contohnya seperti revolusi Prancis.

Saat Revolusi Prancis terjadi, maka sistem monarki yang selama ini dijalankan di negara tersebut harus diubah. Sistem monarki tersebut diubah menjadi sistem demokrasi liberal.

Sedangkan untuk perubahan lambat sendiri merupakan perubahannya yang prosesnya secara perlahan dan sifatnya pasti.
Biasanya perubahan ini berkaitan langsung dengan teknologi. Contohnya, dahulu manusia bertransaksi secara barter. Setelah mata uang ditemukan, maka secara perlahan manusia mulai bertransaksi menggunakan uang.

 

Kemudian saat ini sudah mulai juga muncul mata uang digital. Secara perlahan masyarakat mulai beralih dari uang kertas menggunakan uang digital.
Perubahan Berdampak Besar dan Kecil

Perubahan berdampak besar artinya langsung mempengaruhi pola kehidupan manusia. Contohnya perubahan terhadap mata pencaharian.
Perubahan berdampak besar ini sifatnya cukup memaksa, sehingga mau tidak mau masyarakat harus berubah. Contoh sederhana seperti masyarakat petani yang harus beralih jadi tukang parkir karena sawah telah diubah jadi mall.

Sedangkan perubahan berdampak kecil artinya tidak terpaksa. Contoh sederhananya gaya rambut anak muda mulai meniru gaya rambut Idol KPop.
Perubahan Direncanakan dan Tidak Direncanakan

Perubahan direncanakan artinya adanya upaya untuk melakukan perubahan pada masyarakat. Contohnya pembangunan sekolah agar anak – anak tidak lagi bekerja ke ladang.

Sedangkan perubahan tidak direncanakan artinya terjadi begitu saja. Contohnya seperti munculnya kawasan prostitusi di kampung Doli. Itu lah beberapa bentuk dari perubahan sosial budaya.

 

detik.com/edu/detikpedia/d-5659593/mengenal

-arti-perubahan-sosial-budaya-dan-bentuknya

Author: 

No Responses

Leave a Reply